Ternyata banner yang di pasang di depan di tempat usaha kita itu sangat berguna ya? Kenapa? Karena saya bisa berkata seperti itu? Soalnya, beberapa waktu yang lalu saya berinisiatif untuk melepas banner yang ada di depan warung kopi saya. Saya masih ingat, pas itu, ada teman dari desa yang maen ke warung kopi kami. Hari jumat malam saat iut, kami pun akhirnya melepasnya. Dan setelah itu, esoknya terjadi hal-hal yang di luar perkiraan saya. Warung kopi saya menjadi sepi, lain dari pada hari-hari sebelumnya. Hari itu, cuma ada sekitar 10 orang yang datang. Padahal di hari biasa seperti senin atau selasa, tidak kurang dari 50 orang yang datang berkunjung ke warung kopi kami. Dan akhirnya, itu semua berlangsung selama satu minggu, pengunjung warung kopi kami sepi sekali.

Sebelumnya kami kurang tahu apa penyebabnya kenapa bisa seperti itu. Lalu, setelah kami evaluasi kembali, saya bertanya-tanya. Apa karena saya telah melepas banner yang ada di depan warung kopi kami itu yha?? Begitu pikir saya saat itu. Sayapun lalu juga menanyakan kepada istri saya, dan ternyata diapun juga kaget setelah saya beritahu bahwa banner telah saya lepas. Dia mengira, saat hari jumat itu, kami tidak sampai melepas banner. Dan akhirnya kami pun sepakat untuk memasang kembali benner itu. Malam itu juga, warung kopi saya langsung ramai lagi. Ada peningkatan jumlah pengunjung. Peningkatan itu terjadi di hari lain juga. Pengunjung warung kopi kami naik jumlahnya dari hari ke hari. Hingga akhirnya saya menulis artikel ini.

Si istri juga mengingatkan kembali bahwa banner itulah, tanda warung kopi kita buka. Dengan banner itulah berarti kita sudah mengkomunikasikan produk kita, bahwa warung kopi kita `buka`.

Bagaimana orang tahu produk kita tanpa ada komunikasi yang jelas. Dan tanpa saya sadari, banner, sesuatu hal yang mungkin kurang menjadi pertimbangan saya, ternyata sangat penting, paling tidak untuk kita jadikan perwakilan. Untuk kita bisa teriak pada dunia.. :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top