Lihatlah Pasar Anda Secara Kreatif

Pasar memang selalu misterus. Bila kita tidak mengenalnya secara mendalam, bisa-bisa akan terjerumus ke segmen pasar lain yang tidak kita perhitungkan sebelumnya.
Untuk mengetahui pasar secara jelas, Anda perlu melakukan segmentasi terhadap pasar yang hendak dituju. Hal ini perlu dilakukan mengingat Anda tidak mungkin masuk ke semua pasar tanpa tahu segmen mana yang akan dipilih.

Secara tipikal, segmentasi merupakan
proses memanfaatkan peluang dengan membagi-bagi pasar menjadi beberapa segmen. Pasar dipetakan berdasarkan karakteristik tertentu sehingga perusahaan Anda mampu memahami lebih jelas pasar yang hendak dimasuki.
Menurut Hermawan Kertajaya, segmentasi adalah sebuah metode bagaimana melihat pasar secara kreatif. Artinya, Anda perlu melihat segmentasi sebagai seni mengidentifikasi dan memanfaatkan beragam peluang yang muncul di pasar.

Agar bisa kreatif dalam melihat pasar, terlebih dahulu Anda perlu memperhatikan beberapa peranan segmentasi:
1.  Memungkinkan kita untuk lebih fokus
2.  Memungkinkan kita untuk mendapatkan insight mengenai peta kompetisi dan posisi pasar, hal ini perlu diperhatikan karena tidak mungkin Anda masuk     ke segmen pasar, tapi sumber daya Anda tidak mampu bersaing
3.  Segmentasi merupan basis untuk memudahkan Anda menerapkan langka-langkah berikutnya, seperti positioning, diferensiasi dan penguatan merek.
4.  Segmentasi merupakan faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut yang unuk dan cara yang berbeda

Ada beberapa cara dalam memandang pasar:
1. Static Attribute Segmentation , merupakan cara memandang pasar berdasarkan geografis (berdasarkan wilayah) dan demografis (berdasarkan jenis     kelamin, usia, pekerjaan, agama, pendidikan). Ini merupakn segmentasi yang paling sederhana, tetapi segmentasi ini tidak mempengaruhi keputusan    pelanggan. jika suatu daerah pemasaran hanya dikaji menurut geografisnya, sebenarnya karakteristik orang yang ada di daerah itu belum diperhitungkan.
2.  Dinamic Attribute Segmentation, merupakan cara memandang pasar berdasarkan sifat-sifat dinamis yang mencerminkan karakter pelanggan. Karakter ini     berupa minat, kebiasaan, sikap, keyakinan, dll. Karakter ini dapat secara langsung mempengaruhi alasan pelanggan untuk membeli produk atau jasa     Anda. Segmentasi ini membagi pasar berdasarkan psikografis ( meliputi: lifestyle, kepribadian, dsb) dan perilaku (meliputi: sikap, penggunaan, respon    pelanggan terhadap produk, dsb)
3.  Individual Segmentation, merupakan cara memandang pasar secara personal. Pada masa lalu, segmentasi individual sangat sulit dilakukan karena   infrasttrukturnya belum cukup memadai. Tetapi sekarang, internet telah mengubah semuanya, segmentasi individual telah banyak dilakukan terutama oleh   perusahaan-perusahaan berbasis internet. pasar bisa dijangkau dengan mudah ke tiap-tiap individu. (Sriwijayanti)

Sumber: Kertajaya, Hermawan. 2007. Segmentation,  Mizan Pustaka. Bandung

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top