Facebook, siapa yang tidak kenal situs jejaring sosial yang satu ini. Memang sekarang sedang booming-bommingnya, mulai anak kecil, remaja, orang dewasa sampai orang tua menggandrungi situs ini, mulai anak sekolah, anak kampus, anak nongkrong sampai anak kantoran, tak terkecuali anak rumah tangga (Eh, ibu rumah tangga maksud saya). Begitu besarnya pengaruh facebook ini dalam berbagai kehidupan, sampai-sampai orang yang tidak punya facebook dicap sebagai gaptek dan ga gaul.

Tetapi, tolonglah pambaca sekalian berhenti sejenak untuk merenung...................................................

(sedang merenung)

Jika ditilik lebih jauh lagi,
dibayangkan dan dirasakan, ada ga yang pernah berpikir, sebenarnya apa sih keuntungan saya dengan mempunayi facebook????
Berawal dari pertanyaan ini, dan hasil analisis saya terhadap beberapa teman dan kepentingannya dengan facebook, dapat disimpulkan kalau facebook untuk sebagian besar kalangan (75%) sangat tidak berguna (maaf ya untuk perusahaan yang punya facebook). Kenapa saya bisa berkata demikian, karena sebagian besar dari mereka menggunakan facebook hanya untuk ngobrol ngalor ngidul yang ga jelas, update status yang ga jelas, sampai mengomentari status teman, dengan koment yang ga jelas pula, termasuk pula curhat-curhatan.  Mungkin diabtara kalian ada yang membatin, lho, kan dengan facebook kita bisa menjalin hubungan lagi dengan teman-teman yang sudah lama ga kontak?. Saya katakan, Ya, hanya itulah satu-satunya manfaat dari facebook bagi yang 75% kalangan ini. Selebihnya setelah mereka berteman, ya kegiatan yang dilakukan hanya seputar yang saya sebutkan diatas.
SAtu hal lagi, tahukah Anda kalau dengan melakukan hal-hal ga jelas, terutama yang 'curhat-curhatan' di facebook, ada berapa banyak CLBK yang terjadi, ada berapa banyak keluarga yang retak, ada berapa banyak hubungan yang putus atau ada berapa banyak salah paham.

Tapi jangan salah juga, saya tidak hanya menilai facebook dari sisi negatifnya, masih ada 25% kalangan yang benar-benar menggunakan facebook sehingga facebook menjadi sarana yang sangat bermanfaat. Diantaranya adalah facebook yang digunakan untuk saling menasehati, mengirimkan hadist dan ayat-ayat alquran, atau bahkan facebook untuk berbisnis. Ini lebih saya hargai, daripada facebook untuk menghabiskan waktu.

Selain itu, facebook bisa menjadi sarana ampuh untuk memasarkan produk kita. Saya sendiri pernah mencoba menggunakan facebook sebagai iklan. Walaupun bukan merupakan iklan yang berbayar, tapi itu sangat efektif untuk meningkatkan penjualan kita. Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan sarana ini.

So, facebook hanyalah sebuah sarana yang bisa kita kendalikan, akankah dia menjadi usefull atau useless, pilihan itu ada di tangan anda.
Itulah sekilas tentang faceboo, kurang lebihnya..... (saya mohon maaf).
Selamat ber-facebook ria. (Sr)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top